Harga Sawit Anjlok

Harga TBS Sawit di kalangan petani anjlok mencapai Rp 250 per kilogram. Padahal sebelumnya harga sawit mencapai 2000 rupiah perkilogram. Banyak petani sawit mengeluh karena penghasilannya semakin hari semakin berkurang. Bahkan banyak juga yang membiarkan sawitnya tidak dipanen karena biaya opreasional tidak mencukupi.
Selain anjloknya harga sawit di pasaran internasional, petani sawit di Indonesia juga dihadapkan dengan tinggi harga pupuk. Tinggi harga pupuk saat ini tidak lagi sebanding dengan penghasilan panen buah kelapa sawit. Padahal satu sisi, hasil panen kelapa sawit sangat tergandung dengan pemupukan yang harus dilakukan secara rutin.
Harga pupuk di tingkat petani terus mengalami kenaikan. Misalnya, NPK saat ini sudah mencapai Rp500.000 per karung, urea Rp300.000 per karung, dan KCL Rp400.000 per karung.
Dilema yang dialami oleh para petani sawit saat ini memang begitu berat. Impian untuk bisa hidup sejahtera lewat bertani sawit, kini berangsur-angsur pudar oleh kondisi yang sama sekali tidak mereka ketahui apa sebabnya.

Lantas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, kini petani sawit itu terpaksa alih profesi. Usaha sampingan dilakukan demi memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.
Bila harga tandan buah segar terus mengalami penurunan, sudah bisa dipastikan ribuan petani sawit akan jatuh dan terperosok kembali ke jurang kemiskinan

Perihal Riswan Effendy
Sekarang saya sedang menggeluti dunia Teknologi Informasi (IT) dalam bidang Jaringan, Programing dan Scurity. Saya sedang belajar menulis di blog ini dan mudah-mudahan tulisan saya bermanfaat bagi kita semua.

2 Responses to Harga Sawit Anjlok

  1. Winnu Ayi mengatakan:

    dari Rp 2000 jadi Rp 250?? turunnya drastis banget yak.
    emang kalo mau untung minimal berapa rupiah jualnya ya mas riswan?

    oh ya, lam kenal juga aah!

  2. Riswan Effendy mengatakan:

    #1 Salam kenal juga ya. Kalo mau untung minimal harga sawit diatas Rp 1200,-.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: